[The Interview] Anvie – Creator of Ansav

THE INTERVIEW – Anvie

Located In : Jakarta
Occupation : Programmer, PT. Serenity, Cyber Building 3rd floor.
Nickname : Anvie
Homepage : http://www.ansav.com

Interview
Q : Hi mas Anvie, gmn kabarnya?
A : baik

Q : Mengapa anda menggunakan nick Anvie?
A : Ada hubungannya ama nama cewe gw😀

Q : Saya pertama kali kenal anda dari mas NB yang aktif di komunitas jasakom dan sering menulis artikel Security khususnya Virus, apakah Anda bergelut di bidang itu?
A : Ya sedikit

Q : Mengapa anda tertarik pada dunia Virus?
A : Sebenernya gak tertarik banget sih, cuman asik aja karena virus itu unik. Bisa berjalan seperti yang diinginkan pembuatnya (vxer), tidak jarang virus menggambarkan karakter pembuatnya. Dan yang membuat saya seneng ngulik virus karena saya penggemar AI, loh apa hubungannya?😀 Biasanya pada diri virus tertanam AI ciptaan pembuatnya, semakin bagus AI suatu virus semakin membuat aku tertarik untuk melumpuhkannya.

Q : Sejak kapan? Bisa diceritakan awal mula anda mengenal virus?
A : Sejak aku SMA kelas 2. Berawal dari komputer di sekolahku yang terkena virus WYX.c (masih apal sampe sekarang :D) virus bootsector yang nyebelin ini membuat aku penasaran, bagaimana sih cara kerjanya, setelah saya cari-cari informasi tentang virus komputer karena jaman dulu lum kenal internet apalagi google dapatlah gw buku tentang “Rahasia Pembuatan Virus Komputer” terbitan Andi Offset –karangannya siapa aku lupa, sekarang sudah tidak terbit lagi–  begitu gw buka bukunya, gw langsung mo pinsan baca isinya, bahasa mesin Assembly semua >_<” ora mudeng babar blas. Akhirnya aku mencari buku tentang virus lagi dan dapatlah buku berjudul kalo gak salah “Virus Macro” karangan “Tri Amperiyanto” terbitan Gramedia. Nah ini buku mengenalkan aku pertama kalinya dengan virus komputer logikanya dll. Dari situ aku mulai seneng melakukan riset membuat antidot.

Q : Mengapa anda tertarik untuk membuat Anti Virus daripada menyebarkan Virus?
A : Kalo gw boleh bilang, buat Antivirus itu lebih menantang dan lebih komplek daripada buat Virus. Loh kok bisa? Jelas bisalah masa jelas bisadong😛 Virus itu bekerja tanpa aturan, jadi vxer bisa membuatnya sesuka hati tanpa dibatasi aturan, misalnya begini : vxer membuat virus A, karena tidak ingin virus A mudah dibasmi oleh AV maka setiap virus A mendeteksi keberadaan AV virus A akan membuat komputernya restart2 mulu atau dibuat komputernya hang. Sedangkan AV harus berjalan dengan aturan dia harus bisa menjinakkan virus tanpa mengganggu kestabilan komputer dan kenyamanan pengguna, AV harus bekerja se-smooth mungkin, AV harus bisa mendisinfeksi virus tanpa merusak program yang terinfeksi. Itulah mengapa aku lebih tertarik membuat AV.

Q : Saya yakin anda juga pernah membuat Virus, Virus apakah yang pertama kali anda buat?
A : Virus yang pertama kali aku buat adalah virus Macro –gak gw kasih nama  karena lagi belajar buktiin buku karangan Tri Amperiyanto :D— lalu virus boot sector terracotta, tapi belum pernah nyebar sampe sekarang karena gw juga dah lupa dimana gw simpan😀.

Q : Apakah Anda menyebarkan Virus tersebut?
A : Tidak

Q : Ansav yang Anda buat menggunakan Assembler, bias dijelaskan anda memilih bahasa assembler daripada menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi?
A : Karena gw shock lihat buku pertama yang gw beli mengenai virus ternyata isinya cuman listing Assembly, alhasil tekad gw waktu itu adalah menguasai bahasa pemrograman assembly. Tapi sekarang ANSAV versi 2 saya coding pake C karena rencana mo buat multiplatform biar porting-portingnya gak terlalu susah

Q : Ansav sangat “perkasa” memberantas virus lokal, apakah termasuk virus impor?
A : Termasuk tapi tidak semuanya, hanya terbatas yang sering ditemui di Indonesia.

Q : Apakah semua virus yang anda jumpai selalu dapat anda buatkan anti virusnya?
A : Sejauh ini lancar saja.

Q : Apakah virus lokal yang terbaik yang pernah anda jumpai?
A : Brontok, virus ini kalo menurut gw adalah bapaknya virus lokal😀.

Q : Untuk penulis virus, siapakah yang terbaik?
A : Wah gw gak tahu siapa pembuatnya.

Q : Kira2, jenis virus apakah yang akan “ngetrend” di kemudian hari?
A : Wew, emang gw paranormal😀, Kalo jenis virus yang akan ngetrend di kemudian hari saya gak tahu. Tapi kalo di masa depan virus humanoid mungkin ya. Saya pernah baca buku dengan judul “Artificial Intelligence” karangan Suyanto. ST. Msc. Terbitan Informatika. Di dalam buku tersebut saya temukan kutipan dari buku karangan Ray Kurzweil yang menyampaikan pertanyaan : “Mampukah suatu kecerdasan membuat kecerdasan lain yang lebih cerdas dari dirinya sendiri?”, dijawab sendiri oleh Ray Kurzweil dengan jawaban “Ya mungkin”, lalu dia membuat prediksi bahwa pada tahun 2099 Kecepatan komputer sudah melebihi kecepatan 1000 otak manusia, bahkan ada kecendrungan kuat untuk menggabungkan antara pemikiran manusia dengan kecerdasan mesin, sehingga saat itu manusia harus mencangkokan chip didalam otak mereka agar dapat berkomunikasi dengan lainnya. Nah pada saat itulah virus humanoid akan menjadi momok paling menakutkan bagi kehidupan manusia, kayag di filem2 aja yak😀.

Q : Bagaimana Anda menganalisa virus?
A : Dengan tool-tool reversing tentunya.


Q : Selain membuat Anti Virus, anda juga membuat Ans Capsule. Apakah itu?

A : Ditanyakan juga >_<”, Ans Capsule itu merupakan program yang saya buat secara latah ketika saya lihat teman-teman gw pada seneng maen perkosa software trial😀.

Q : Tehnik yang anda pakai untuk Ans Capsule?
A : Wah apa ya dah lupa, kalo gak salah antidebug, IAT obfuscator dan Anti hijack.

Q : Apakah ada yang sudah berhasil membongkar Ans Capsule?
A : Master reverser movzx ^:)^

Q : Kemampuan apakah yang harus dimiliki untuk membuat Virus dan Anti Virus?
A : Kemampuan networking, coding dan reversing.

Q : Anda juga berencana untuk meng-open source-kan Ansav, kira2 kapan hal itu akan terwujud?
A : Udah open source tuh sejak januari 2008 dibawah lisensi GPL v2

Q : Motivasi apa yang membuat anda meng-open source-kan Ansav?
A : Buat belajar teman-teman yang ingin memperdalam tentang AV

Q : Berarti anda tidak akan mengambil keuntungan dari yang anda buat?
A : Tidak, AV adalah kerjaan sampingan gw ketika nganggur.

Q : Siapakah tim di balik Ansav?
A : Developernya 3 : Core : gw ma movzx, Extension : xerion,

Q : Apakah anda juga tertarik pada dunia Reverse Engineering?
A : Ya

Q : Sudah pernah me-release cracked software?
A : Belum pernah

Q : Anda ingin menyampaikan terima kasih kepada seseorang atas pencapaian anda selama ini?
A : Ibunda tercinta, cewe gw, om Paul dan Faco

Q : Adakah yang tidak anda sukai selama ini?Siapa?
A : Gak ada

PERSONAL QUESTIONS
Q : Apakah anda sudah menikah dan mempunyai anak?

A : Belum

Q : Apakah hobi anda?
A : Dengerin musik, baca buku ama makan coklat

Q : Film atau musik yang anda sukai?
A : Dream Theater

Q : Website yang sering anda kunjungi?
A : jelas http://www.ansav.com😀

Q : Bagaimana anda mendeskripsikan diri anda sendiri?
A : Saya adalah tiada

Q : Signature anda saat ini?
A : Gak ada

7 thoughts on “[The Interview] Anvie – Creator of Ansav

  1. Ping balik: Ikatan Alumni SMK Telekomunikasi Malang » Blog Archive » [The Interview] Anvie - Creator of Ansav

  2. Ping balik: STM Telpun : Angkatan 5 » [The Interview] Anvie - Creator of Ansav

  3. ius

    “Mampukah suatu kecerdasan membuat kecerdasan lain yang lebih cerdas dari dirinya sendiri?”, dijawab sendiri oleh Ray Kurzweil dengan jawaban “Ya mungkin”,

    “mampukah TUHAN membuat kecerdasan lain yang lebih cerdas dari dirinya sendiri???” , dijawab oleh penulis
    “TIDAK”

    Balas
  4. ius

    “Mampukah suatu kecerdasan membuat kecerdasan lain yang lebih cerdas dari dirinya sendiri?”, dijawab sendiri oleh Ray Kurzweil dengan jawaban “Ya mungkin”,

    tidak berlaku bagi TUHAN

    Balas

Tinggalkan Balasan

