Mengganti Tampilan Boot Screen Dopod 900

Setelah berhasil upgrade dopod 900 ke WM6, sekarang saatnya untuk nyobain ganti boot screen di dopod 900 yang cuman bergambar tulisan Dopod warna merah dengan latar belakang hitam yang sudah keliatan udah kadal lu warsa. Mo buka counter hp bos? hehe… gak lah cuman iseng doank.

Tutorial yang saya tulis sebenernya sama dengan readme.html yang ada dalam package berbahasa inggris, tapi gak salah kan nerjemahin ke bahasa indonesia dengan percobaan yang sudah pernah dilakukan?

Pertama kali adalah download aplikasinya buat ngeflash ROM-nya yang dibuat oleh TheBlasphemer, setelah itu extract.

Langkah kedua adalah mempersiapkan file image, image yang dapat digunakan berdimensi 640×480, atau 240×320 dan formatnya bisa apa aja(BMP, GIF, JPEG, PNG, TIFF, Exif, WMF, and EMF) termasuk yang menggunakan GDI+. Saya merekomendasikan yang berdimensi 640×480 karena tipe Universal berukuran pixel yang sama. Image yang saya pakai seperti ini:

Simpan image tersebut di folder Test Images.

Selanjutnya masuk ke command prompt dan masuk ke folder dimana aplikasi flash rom sebelumnya diextract dan ketik perintah di bawah:

c:\Bootscreen>CreateUniversalBootscr “test images\htc.jpg” “flash package\nk.nbf” DOPOD001

Perintah di atas menggunakan petik karena nama folder mengandung spasi, dan DOPOD001 adalah CID-lock untuk Dopod900. Adapun CID-lock yang lain untuk jenis Universal adalah:

Device name CID-lock
QTek 9000 QTEK_001
I-Mate JASJAR CDL__001 (2x_)
O2 XDA Exec (UK) O2___001 (3x_)
T-Mobile MDA Pro (NL) T-MOB003
T-Mobile MDA Pro (DE) T-MOB101
T-Mobile MDA Pro (UK) T-MOB005
Dopod 900 (Asia) DOPOD001
Orange SPV M5000 (UK) ORANG001
Vodafone v1640 (UK) VODAP001

Setelah muncul tulisan Done… berarti tidak ada masalah yang berarti dan bisa kita lanjutkan ke langkah berikutnya.

Saatnya untuk ngeflash nih… oiya, pastikan bahwa meng-cradle dopod ke pc dan jalankan file ROMUpgradeUt.exe. Pada saat ini dopod akan otomatis langsung masuk ke bootloader mode dan ikuti petunjuk yang tampil di screen.

Setelah proses selesai, soft reset dopodnya dan seppp…. bootscreen yang baru dah nongol nih pada saat start dopod🙂

24 thoughts on “Mengganti Tampilan Boot Screen Dopod 900

  1. alwi

    eh mo nannya dund??
    dopod 900 gw keypadnya da yang mati: 5,R,F,V,P, dan spasi…
    gmn caranya supaya bisa dibenerin??
    gw dah bawa ke sistech,, katanya mesin hpnya rusak…
    mungkin da solusinya………

    Balas
  2. alwi

    saya dah coba masuk kecommand promp,,
    dan saya telah masukkan kata2 yang seperti anda tulis diatas…
    tapi setelah saya tekan enter,,, maka tulisan yang keluar sepeti ini:’Bootscreen’ is not recognized as an internal or external command, operable progaram or batch file.

    tolong donk bantu saya,,, saya bingung,,, knapa ya kok ga bsa???????????????

    Balas
  3. orakanggo Penulis Tulisan

    yg keypad keknya masalah h/w, sorry bos gk bisa bantu😦

    yg error ’Bootscreen’ is not recognized as an internal or external command, operable progaram or batch file. download aplikasinya dulu baru ketik di direktori dimana aplikasi yang diekstrak itu berada.

    Balas
  4. alwi

    sorry nih bos sebelumnya klo dah bikin repot lo….
    gw dah download link yang dah lo tulis……
    trus dah gw ekstract juga….
    trus gw masukin foto yang sama kaya digambar lo di folder test foto…….
    trus lgi gw masuk ke command promt,,,,
    gw masukin tulisan yang lo perintahin diatas,,, tapi yang keluar ya tulisannya kaya gtu lagi bos…..

    btw klo aplikasi2 yang gratisan diposting ya bos… hehe..
    tq bos seblumnya dah bikin repot nih…
    gw akan coba lagi ganti bootscreen nya………

    Balas
  5. alwi

    oh iya bos satu lagi,,
    gw kan dah bisa nih upgrade jadi wm6,, klo misalkan mo gw balikin lagi ke wm5 bisa ga???
    klo bisa,, posting donk bos caranya???
    tx,,

    Balas
  6. alwi

    ada bos…
    tapi setiap kali gw klik ga bisa masuk,,, ga tw knpa tuh???

    wah gw ga ngerti tuh bos nyarinya dmn tuh ROM WM5 buat dopod????

    btw mo nanya bos ,,,
    ram di dopod bisa di perbesar lagi ga sih kapasitasnya???
    btw bisa ga minta no. hp u bos???
    hehe…

    Balas
  7. alwi

    waduh kedengerannya ribet juga tuh!!!
    hehe,,,..
    mklum gaptek gw bos……..
    oke deh nnti gw coba lgi……
    btw klo da lgi info2nya tolong diposting ya bos….
    hehehe………..

    Balas
  8. alwi

    bos gw dah coba link wm 5 yang lo kasih,,,
    tapi gw bingung,, mo download yang mana,,, yg cocok bwt hp gw,,,coz banyak banget disitu…….
    lagian juga gw ga tau namanya???
    tolong donk kasih tau yang lebih jelas,,, yang mana……
    tx bos……..

    Balas
  9. shandy

    tolong dong, dopod 900 gw tiap nglakuin video call malah nyambung ke no gw sendiri.gimana caranya non aktifkan call forward nya? mohon bantuan nya….

    Balas
  10. ichwanul

    tlg bantu gw dunk???
    dopod gw kok baterainya sering low bat ya????
    pas gw compare di O2 ternyata dia ada back up an baterai.
    apa da software untuk baterainya sendiri???
    trus dmn ya tempatnya?n 1 lg dmn ya service cntr nya dopod????

    Balas
  11. satya

    rame juga ya ngomongin dopod,ngomong2 gw juga ada masalah degan dopod 900 adhe gw,dopod dia g ada icon video call nya trus klo gw panggil dr hp gw pke video call ada nada sambungnya, tapi di dopod g ada tanda2 tlp masuk.kenapa ya kira2 tolong penjelasannya. Wm na dah wm 6

    Balas
  12. Robby

    aku tanyak nei….
    dopod 900 ku ering mati…
    itu apa karena batrenya yang dah lama…..???

    padahal dah aku casss ampek 100 %
    trus aku coba tuk Brosing kok langsung mati kek drop….==a

    tolong di Bls di E-mail hardcore.city@yahoo.com

    ku tgg balasannya…..
    makasih……….

    Balas
  13. Nugrahani Indra Suwarto

    Assalamualakum… met kenal cemua ada info nich :
    mau lengkap flash coba
    browse ke : http://vidmes.com/xda/Uni/ROMs/
    terus belom lama gw dah flash pake wm 6.5 hasilnya ok buanget ” http://vidmes.com/xda/Uni/ROMs/Tomal/TML871_WM61_21028_REGULAR_128MB.exe ” tapi lemot buanget…..
    —————————————————————————
    pengen dach upgrade ram ke 128 ada yang punya reference gk
    Wasallammualaikum
    best regards
    Hendro

    Balas
  14. Yansen

    Klw pakai program Flash yg di artikel anda tuh, bisa g prbaiki dopod 900 gw yg rusak gara2 gw update ROMnya ???
    Soalx Dopod gw g bisa nyala lg, cuma muncul tulisan “Serial (di bgian atas)” & “v1.00 (di bgian bwah)”. Aq udh coba softreset, hardreset, & tekan tombol bootloader jg g bisa.

    Mohon bantuannya !!!
    Trims…

    Balas

Tinggalkan Balasan

