Menjadi Seorang Reverser

Koq reverser? bukannya cracker?
Reverser adalah seorang programmer yang mempunyai kemampuan membaca dan menganalisa algoritma sebuah program yang dibuat oleh programmer lain yang dapat dengan mudah mengganti algoritma sesuai dengan keinginannya.

Biasanya seorang reverser melakukannya hanya untuk mengasah kemampuan di bidang programming dengan tidak bermaksud untuk mengkomersialkan hasilnya.

Ada beberapa temen yang posting komentar di sini seperti :

Abu Ja’far

Januari 7, 2008 at 9:00 pm

mas, udah di praktekan nih, rada ngerti dikit sih…
terus terang, keinginan bisa menguasai tehnik reverse seperti ini, sudah 6 tahun di pendam, tetapi kok masih susah ya masuk ke otak ini? apa kurang latihan?

saya dulu (6 tahun yang lalu), bela-belain beli CD tutorial yang ada di jual buat belajar nge-reverse seperti diatas, baca tutor di internet dan lain-lain, taunya cuman nge-patch offset ‘yang dicurigai’ buat di bypass, dan itupun saya trace satu-per-satu seharian dan nebak asal aja…
dan, ada sih yang berhasil, walau cuman 1 aplikasi, kayak myBIZ (bypass kondisi dongle), hahahaha, itu pun udah buat bangga (hahahaha, gak pantes bangga kali ye…)

mas, kasih step-by-step nya buat belajar ini, mulai dari mana, trus referensi ampuh dari mana dan jurus jitu lainnya…(contoh kayak mas dulu belajar dari nol sampe ngerti dan nguasai)

makasih mas atas ilmunya…

atau yang ini..

fairvz

Januari 6, 2008 at 3:51 pm

Orakanggo……..aku ini Beginer paling Beginer…..aku mo tanya….ada nggak cara paling mudah untuk mereset program
demo/trial 30 hari .gitu…trus buat keygenerator ….yang bisa digunakan di semua program trial…………

Please……………Banget ………………..

Sebenarnya komentar temen2 sama persis seperti apa yang pernah saya alami sewaktu saya belum bisa melakukannya (dan sampai saat ini-pun saya masih belum bisa melakukannya🙂 ), tetapi cobalah untuk melakukan hal-hal seperti di bawah yang memang cukup bermanfaat untuk memperlancar anda belajar reversing:

  1. Niat, jangan pernah merasa anda gagal pada saat dimana anda mencapai kegagalan
  2. Basic Knowledge, pengetahuan dasar programming sangat dibutuhkan antara lain basic assembler, vb, pascal. lucubrb said:Knowledge is Power.
  3. Praktek, belajar harus diikuti dengan praktek nyata, jangan hanya diangan2 hanya dengan membaca tutorial karena dengan praktek maka akan dapat memahami secara langsung apa yang sudah dilakukan, kebanyakan calon2 reverser lebih senang mengumpulkan tutorial dan membaca daripada mempraktekkan
  4. Mulai dari yang mudah, kemampuan manusia untuk mencerna adalah dimulai dengan hal-hal yang mudah jangan langsung pengen bisa ngecrack aplikasi komersial. Jadi mulailah dari memecahkan crackme, keygenme yang biasanya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda.
  5. Gauli teman reverser lain yang memang mau membantu anda belajar
  6. Masuklah ke dalam komunitas reverser untuk sharing pengetahuan, walaupun hanya sekedar bertanya lama-kelamaan dengan sendirinya anda akan menjawab pertanyaan temen reverser lain yang membutuhkan jawaban. Komunitas yang baik untuk belajar dan mengasah kemampuan adalah salah satunya crackmes
  7. Uji kemampuan, cobalah menguji kemampuan anda dengan mencoba crackme2 yang lain sesuai dengan tingkat kesulitan anda saat ini.
  8. Latihan terus menerus, jangan hanya terpaku pada satu program karena ada banyak sekali trik2 yang dapat anda pelajari untuk menyelesaikan masalah bahkan mungkin suatu saat anda dapat menemukan trik anda sendiri yang belum pernah ditemukan oleh reverser yang lain.
  9. Jangan lupa say thanks to, karena hal ini akan dapat mengingatkan anda kepada seseorang yang berjasa terhadap apa yang anda kuasai selama ini
  10. Jangan pernah merasa lebih jago, karena hal ini akan menjadi senjata makan tuan
  11. Don’t Abuse Your Power!, yeah… it’s movzx signature. Selalu menggunakan kemampuan untuk berpikir di jalan yang benar dan menggunakan pikiran untuk mengarahkan kemampuan untuk menjadi lebih baik

Mungkin itu yang bisa saya tulis untuk menambah motivasi anda dalam belajar dan jika ada langkah lain yang perlu ditambahkan silakan tulis komentar di bawah.

terima kasih,

Greetz : God, movzx, lucubrb, masmetal, SB, IRiS Team, InRev Team

14 thoughts on “Menjadi Seorang Reverser

  1. arum

    kebetulan lewat ni mas.
    jadi tertarik pengen ikut belajar reversing. musti mulai dari tutorial yg mana yak???

    salam kenal and thanx sharingnya.

    Balas
  2. Pitung

    wah om, minta ijin buat majang blognya di blog gw yah🙂
    biar ketularan pinter dan jadi reverser handal kayak sampeyan…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s