Saya yang menemukannya…

Tadi pagi iseng nonton infotainment Espresso pagi di ANTV, lhadalah… selebritis multimedia Roy Suryo nongol juga di acara2 gosip.

Sebenernya penemuan stanza 3 lagu Indonesia Raya sudah cukup diperdebatkan dan gw mungkin jg terlambat buat menulis ini. Sebenernya apakah bener yang menemukan itu adalah Roy Suryo?

Yang paling gw inget di acara espresso tadi pagi adalah statement :

“Kebetulan saya dibantu temen2 dari Air Putih (gw lupa nama2 yg disebut Roy) yang menemukan stanza 3 lagu Indonesia Raya”.

Gw nyegir aja dengernya…. kata Roy juga, lagu itu ditemukan di server Belanda :

“Saya bersama dengan Tim Air Putih sejak 3 bulan lalu mencari data-data tentang Indonesia yang ada di berbagai server. Di salah satu server yang ada di Belanda, kami menemukan foto yang berisi tentang lagu ini,”

sumber: detik

Padahal sumber dari Air Putih menyatakan bahwa Roy cuman ngopi doank:

“Video lagu Indonesia Raya tersebut didapatkan oleh Air Putih, melalui sebuah link yang awalnya terlacak dari situs http://www.marhaenis.org,”

“Nah, dari situs YouTube atau Multiply tersebut, file video tersebut di-download oleh teman-teman Air Putih. Baru beberapa bulan kemudian, file tersebut dikopi oleh Roy Suryo,”

sumber : detik

dan Air Putih mengeluarkan klarifikasi:

1. Air Putih secara institusi tidak pernah secara khusus membuat penelitian tentang arsip sejarah di Internet. Keberadaan beberapa dokumen digital tentang sejarah Indonesia tersebut pada awalnya adalah upaya yang dilakukan oleh orang-per-orang yang merupakan aktivis Air Putih.

2. Air Putih tidak pernah bekerjasama dan/atau membentuk tim khusus dengan Roy Suryo, terkait dengan penemuan klip Indonesia Raya. Dan ditegaskan pula bahwa Roy Suryo bukanlah anggota Air Putih, dan juga bukan pimpinan Air Putih.

3. Air Putih membenarkan bahwa sejumlah orang termasuk Roy Suryo pernah mengopi dokumen digital berisi sejarah Indonesia, termasuk klip Indonesia Raya.

4. Air Putih juga membenarkan bahwa klip Indonesia bernilai sejarah yang tinggi tersebut tidak ditemukan di sebuah server di Belanda seperti yang banyak diberitakan oleh sejumlah media selama ini. Klip tersebut telah berada di harddisk salah satu notebook milik Air Putih cukup lama, tetapi tidak dapat dipastikan kapan didownload-nya dan oleh siapa tepatnya.

sumber : detik

Lha koq Roy malah bela diri :

“Mereka (beberapa aktivis Air Putih) nggak quotable. Kenapa mereka yang di-quote tapi bukan ketuanya? Setahu saya, sepanjang saya mengerti, yang berhak bicara mewakili Air Putih hanya mas Heru Nugroho (Dewan Penasehat Air Putih – Red.),”

“Justru saya yang melakukannya setelah mendapat bahan dari Air Putih. Apa yang saya lakukan dan mengapa saya membawa-bawa Air Putih, itu semua atas persetujuan Mas Heru Nugroho,”

“Tetapi, untuk hal termasuk riset yang mendalam dan penting untuk kepentingan negara (yang saya lakukan), itu atas sepengetahuan Heru Nugroho,”

“Saya berani mendeklarasikan sayalah penemunya (klip lagu Indonesia Raya) setelah melakukan riset mendalam, bukan hanya dari hasil sekedar download file apalagi (hanya mengopi) data-data yang ada. Saya juga sudah melakukan klarifikasi ke arsip nasional dan tokoh-tokoh masyarakat,”

“Sehingga kalau saja temuan saya ini merupakan temuan lama atau sekedar cuma ngopi file, tentu tidak akan menjadi berita besar bahkan sampai menjadi perhatian petinggi-petinggi negara dan semua media masa termasuk TV nasional,”

sumber : detik

Setelah itu jelas Air Putih merasa kecolongan :

“tanpa ada koordinasi (dengan tim Air Putih) sebelumnya, keburu memaparkan hasil penelitian terkait dengan keberadaan klip Indonesia Raya tersebut,”

“Roy menyampaikan informasi tersebut ke saya. Hingga satu saat dia pernah mengajak untuk mempublikasikan ini bersama-sama,”

“Namun tiba-tiba tanpa koordinasi atau pemberitahuan yang cukup sebelumnya, Roy Suryo membuat konferensi pers sendiri di Jogja. Padahal kalau dia konfirmasi lebih dulu ada beberapa hal yang bisa diluruskan. Misalnya informasi sumber dokumen yang sebenarnya bukan dari server Belanda,”

“Tetapi juga bukan berarti Air Putih sakit hati karena Roy seorang diri yang mempublikasikan. Tetapi hanya kecewa karena dulu janjinya akan dilakukan bersama-sama di Jakarta hari Senin ini,”

sumber : detik

Yah begitulah perjuangan seorang yang memanfaatkan gelar “Pakar Telematika” untuk mendapatkan publikasi bahwa hanya dialah yang berhak sebagai penemu pertama, tetapi memang tidak banyak juga masyarakat yang menyatakan bahwa telah melihat terlebih dahulu video stanza 3 tsb di youtube sejak setaun yang lalu

Link Youtube :

http://www.youtube.com/watch?v=6QvyLkdl1_s

http://www.youtube.com/watch?v=0ybhFIhE6fs

http://youtube.com/watch?v=hkxehrXU3tM

Harusnya om Roy mengakui hal itu dah masalah selesai.

14 thoughts on “Saya yang menemukannya…

  1. kebo_gila

    gw ambil hikmahnya aja, begitulah cara memetik keuntungan
    pepatah mengatkan “tong kosong nyaring bunyinya”, selain nyaring kenceng juga duitnya. hehe

    Balas
  2. orakanggo Penulis Tulisan

    yg saya heran adalah kenapa semua harus lewat popularitas?

    coba bandingin ama kang ono, made wiryana… semua jago tapi jg tidak pelit bagi2 ilmu dan itu semua tdk lewat pres conference😀

    Balas
  3. arethoze

    Wah roy mana nih yang nyapa…? Masalah popularitas nih, biar waktu yang bicara, kalo ya Roy berbohong jelas dia bukan profesional, tapi kalo roy benar waktu yang akan membuktikan….

    Balas
  4. roy juga

    roy suryo anak kecil yang baru bisa main mainin teknologi malu-maluin dan katro alias ndeso yang mencari ketenaran sedangkan ilmunya kosong he he he he he

    Balas
  5. lucubrb

    Hidup Roy Sukro. :hammer:

    Om.. om… tau artinya blogger, hacker, cracker, chatter, surfer, goggler, gak??

    Klo gak tau… om bisa mulai baca² di justfuckinggoogleit.com lowh :”>

    Balas
  6. lovepassword

    Ssst harap kalem bos

    .Kalo mau ngajarin harap yang jelas ya :

    1. Pertama-tama hidupkan dulu komputer anda. Kalo listrik mati ya harap dibenerin dulu ya? Kalo laptopnya mati ya harap dibawa ke tukang serpis
    2. Setelah komputer menyala, lalu…..bla..bala…brum brum
    3. Masuk browser anda lalu blukutuk kutuk

    dst…

    Lha terakhirnya baru ke justfuckinggoogleit

    Tapi kan juga mesti belajar bahasa dulu.

    Makanya bos kalo jadi guru emang mesti sabar. Sabaaaaaaaaaaaaaaaar…..gicu lho.

    Duh Gusti paringono sabar

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s